Header Ads

Yuk Kenali Telstar 18, Bola Resmi Piala Dunia 2018 Rusia

Piala Dunia 2018 akan diselenggarakan pada tahun ini, Piala Dunia 2018 ini akan digelar di Rusia pada tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018. FIFA selaku otoritas tertinggi dalam dunia sepakbola resmi meliris bola yang akan digunakan pada seluruh pertandingan dalam ajang Piala Dunia 2018 di Rusia.


Pada 9 November 2017 yang lalu FIFA secara resmi menggelar acara launching Bola resmi Piala Dunia 2018 yang diberi nama Telstar 18 yang bertempat di Moskow, Rusia.

Insipirasi dan Arti Nama

Bola yang diberi nama Telstar 18 dibuat dan terinsipirasi langsung dari salah satu bola paling ikonik yang pernah digunakan di Piala Dunia 1970 di Meksiko, Telstar. Keinginan tersebut juga tergambar langsung dari nama yang digunakan, Telstar akronim dari Television Star atau Star of Television (bintang televisi).

Keputusan yang diambil oleh FIFA tersebut diharapkan dengan kehadiran dari Tetlstar 18 mampu mengangkat pamor bola resmi Piada Dunia yang pernah dilakukan oleh pendahulunya Telstar pada 1970 beberapa dekade silam.

Desain

Bicara soal bola pada masa kini tentu saja tidak lepas dari desain yang modern. Desain yang digunakan pada Bola Resmi Piala Dunia 2018 hampir mencapai 90% kemiripan dengan pendahulunya. Desain yang terbilang simpel dengan dasar putih dan beberapa motif berwarna hitam terlihat begitu elegant.

Perbedaannya jika pada Telstar 1970 menggunakan motif pentagonal dengan warna hitam, pada Telstar 18 motif hitam memiliki desain yang menyerupai bentuk jajargenjang dengan sentuhan tambahan mozaik antara hitam dan putih yang membuat tampilannya terlihat begitu modern.

Warna hitam dan putih dipilih agar bola dapat terlihat dengan jelas ketika kita menyaksikan siaran langsung Piala Dunia 2018 dari layar kaca ataupun smartphone. Motifnya tersebut sepintas juga menyerupai satelit komersial pertama yang diluncurkan keluar angkasa pada juli 1962, Telstar.

Teknologi pada Telstar 18

Selain memiliki desain yang lebih modern daru segi penampilan dibandingkan dengan pendahulunya, Telstar 18 telah mengalami peningkatan kualitas yang jauh lebih baik dengan bantuan teknologi yang begitu berkembang pada saat ini.

Adidas selaku produsen dari Bola Resmi Piala Dunia 2018 menyematkan teknologi mutakhir yang diyakini akan membantu pemain untuk dapat menendang dan mengarahkan bola dengan tingkat ke akuratan yang maksimal.

Tidak sampai disitu saja, Telstar 18 juga dipasangkan Chip NCF yaitu Near Field Communication yang akan membuat para penonton dapat merasakan sensasi bola saat berada dilapangan pertandingan lewat layar smartphone.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini